HAB ke-77
Halaman Depan Kankemenag Kab. Bangkalan
 Suramadu pada malam hari
Buka Dialog Antar Umat Beragama di Tanjungbumi, Kakankemenag Bangkalan: Rawat Bersama Kedamaian dan Harmoni
Buka Dialog Antar Umat Beragama di Tanjungbumi, Kakankemenag Bangkalan: Rawat Bersama Kedamaian dan Harmoni

BANGKALAN KANKEMENAG (humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan, Akhmad Sururi, membuka dialog antar umat beragama yang digelar di Desa Telaga Biru, Kecamatan Tanjungbumi. Disini, Sururi, begitu ia akrab disapa, mengajak seluruh peserta dialog untuk bersama-sama merawat kedamaian dan harmoni.


"Kita sudah ditakdirkan heterogen oleh Yang Maha Kuasa dan heterogenitas tersebut bukan untuk dilawan, tetapi harus dirawat," sambungnya, Selasa (3/9), "Damai dan hidup rukun harmonis pastinya nilai kebaikan universal yang diajarkan disemua agama, jadi semua umat beragama pasti mendambakan kehidupan yang ideal untuk ditinggali."


Sururi menambahkan merawat kerukunan itu tidak mudah akan tetapi lebih susah lagi apabila menyembuhkan cidera efek intoleransi ditengah masyarakat. Maka dari itu, seluruh umat beragama diharapkan untuk bisa melapangkan hatinya untuk menerima perbedaan dan menghargainya.


Selanjutnya, Sururi mengenalkan bahwa desa Telaga Biru di Kecamatan Tanjungbumi merupakan salah satu dari dua Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Kabupaten Bangkalan. "Satu lagi KMB di Kabupaten Bangkalan ada di desa Pejagan, Kecamatan Bangkalan," sambungnya, "Niat kami bukan untuk memoderasikan agama, tetapi memoderasikan cara atau sikap dalam beragama. Bukan lagi kekerasan yang dikedepankan, tetapi toleransi dan menghargai yang dijadikan perekat dalam hidup berdampingan."


Diakhir sambutannya, Sururi berharap desa Telaga Biru nantinya akan tetap menjadi desa yang damai, rukun, dan makmur dengan masyarakatnya yang saling mendukung dan menguatkan.


Sebelumnya, Moh. Muslih, Kepala KUA Kecamatan Tanjungbumi sekaligus ketua tim pengembang Kampung Moderasi Beragama melaporkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan di Balai Desa Telaga Biru ini diikuti oleh 45 peserta yang terdiri dari para tokoh dari lintas agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta para penyuluh agama. "Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan praktik moderasi beragama di masyarakat sebagai lingkungan model yang harmonis dan inklusif," papar Muslih.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan, Kepala Polsek Tanjungbumi, Kepala Desa Telaga Biru, serta perwakilan MWC dan MUI Kecamatan Tanjungbumi. (Sil)

Kategori : Berita | Oleh : Silvia Dayu Anggraini | Tanggal Publikasi : 03 September 2024

Login & Register

Untuk dapat memanfaatkan fasilitas di web ini, anda dipersilakan login terlebih dahulu:
Username :
Password :
Belum punya Account ?, Daftar disini

Login Admin

Komentar & Saran

Berikan Komentar dan saran anda yang baik dan membangun,
Nama :
Email :
Comment :

Polling

Bagaimana menurut anda content dan informasi yang ada didalam website ini ?





>> Hasil Polling <<
>> Survey Layanan PTSP <<
>> Hasil Survey Layanan PTSP <<
Jumlah Pengunjung : 124083
Your IP : 10.1.7.100